Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21264
Title: PENGARUH TEKNIK ICE BREAKING TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 055985 PEKAN SELESAI KABUPATEN LANGKAT
Authors: SITI, PUTRI ANNISA
Keywords: Teknik Ice Breaking;Matematika;Minat Belajar
Issue Date: 18-Jul-2023
Abstract: Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan belajar siswa dalam kegiatan belajar mengajar, serta kurangnya penggunaan teknik pembelajaran yang diterapkan oleh guru pada saat pembelajaran yang berdampak pada rendahnya minat belajar siswa terkhususnya pada pembelajaran matematika. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu berdasarkan latar belakang masalah tersebut, adapun perumusan masalah dari penelitian ini yaitu, bagaimana pengaruh minat belajar matematika dengan menerapkan Ice Breaking pada siswa kelas IV SDN 055985 Pekan Selesai Kabupaten Langkat. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh minat belajar matematika dengan menerapkan teknik Ice Breaking pada siswa kelas IV SDN 055985 Pekan Selesai Kabupaten Langkat. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV A dan IV B SDN 055985 Pekan Selesai Kabupaten Langkat yang berjumlah 51 orang siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan tes minat belajar yang berjumlah 10 soal berbentuk pilihan berganda yang diuji validitas dan realibilitas. Berdasarkan hasil yang dilakukan di kelas ekpserimen (teknik ice breaking) diperoleh hasil 78,40, sedangkan di kelas kontrol (metode konvensional) diperoleh 67,69 pembelajaran menggunakan teknik Ice Breaking Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 055985 Pekan Selesai Kabupaten Langkat. Dilihat dari nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penggunaan teknik Ice Breaking Terhadap Miat Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 055985 Pekan Selesai Kabupaten Langkat.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21264
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_SITI PUTRI ANNISA_1902090051.pdfFull Text12.53 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.