Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21223
Title: PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 12 MEDAN
Authors: INTAN, EKA PUTRI
Keywords: Strategi Pembelajaran Index Card Match;Motivasi Belajar
Issue Date: 26-Jul-2023
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Index Card Match terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Muhammadiyah 12 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan kelompok one group pretest-posstest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Muhammadiyah 12 Medan yang berjumlah 20 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa nilai rata-rata siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Index Card Match lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata siswa tanpa menggunakan strategi pembelajaran Index Card Match yaitu 90,63 banding 49,15. Nilai tertinggi yang diperoleh siswa sebelum menggunakan strategi pembelajaran Index Card Match adalah 60. Nilai tertinggi yang diperoleh siswa sesudah menggunakan strategi pembelajaran Index Card Match adalah 94. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, diperoleh hasil perhitungan hipotesis menggunakan uji t (Paired Sample T Test) pada taraf signifikan 0,05 diperoleh hasil nilai sig. (2-tailed) adalah 0,000 ≤ 0,05 maka dapat dikatakan diterima dan ditolak.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21223
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
CD intan eka putri.pdfFull Text6.57 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.