Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21219
Title: PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMK MUSDA PERBAUNGAN KABUPATEN SERDANG BEDAGAI
Authors: JULINAR, NOVIJA
Keywords: Pengelolaan;Bos;Mutu Pendidikan
Issue Date: 7-Mar-2023
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMK Musda Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pada penelitian ini sumber data diperoleh dari kepala sekolah, komite sekolah, bendahara, kepala tata usaha, dan guru. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan Dana bantuan operasional sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan SMK Musda Perbaungan menerapkan prinsip manajemen berbasis sekolah, dimulai dari perencanaan anggaran mengacu pada raport mutu sekolah. Penggunaan anggaran Dana bantuan operasional sekolah berdasarkan skala prioritas dari pemetaan kebutuhan yang telah disampaikan guru dan warga sekolah yang dialokasikan sesuai dengan standar nasional pendidikan. Pengawasan dalam penggunaan anggaran dilakukan oleh pihak internal sekolah dan juga pihak eksternal sekolah. Laporan pertanggungjawaban dibuat sesuai dengan format yang terdapat dalam petunjuk teknis yang berlaku, Adanya peningkatan terhadap mutu pendidikan SMK Musda Perbaungan disebabkan pengelolaan Dana anggaran yang dimanfaatkan secara efektif dan efisien.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21219
Appears in Collections:Masters in Higher Education Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TESIS NOVIJA JULINAR 2020060126.pdf6.15 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.