Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21066
Title: PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, PROFESIONAL GURU DAN BUDAYA KERJA TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN SIBOLGA UTARA
Authors: PARLINDUNGAN SILALAHI, FRANKY
Keywords: Kepemimpinan Kepala Sekolah;Profesinal Guru;Buadaya Kerja;Kinerja Guru.
Issue Date: 16-Mar-2023
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, Profesional Guru, Budaya Kerja terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Kecamatan Sibolga Utara dan pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, Profesional Guru dan Budaya Kerja secara Bersama-sama terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Kecamatan Sibolga Utara. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh guru PNS yang telah sertifikasi pada SDN di Kecamatan Sibolga Utara yang berjumlah 55 orang. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Selanjutnya dilakukan uji validitas dan reabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda, uji hipotesis, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) Hubungan variabel kepemimpinan kepala sekolah (X1) terhadap kinerja guru (Y) dalam persamaan regersi Y = 50,002+ 0,497 X1. Artinya bahwa jika iklim sekolah meningkat sebesar 1 poin maka kinerja guru akan meningkat sebesar 0,497 poin pada konstanta 50,002. Nilai R square sebesar 0,333, artinya ada pengaruh kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh terhadap Kinerja Guru sebesar 33,3% (b) Bentuk hubungan variabel profesional guru (X2) terhadap kinerja guru (Y) dalam bentuk persamaan regersi Y = 65,455 + 0,529 X2. Artinya jika Profesional Guru meningkat sebesar 1 poin maka kinerja guru akan meningkat sebesar 0,529 poin pada konstanta 65,455. Nilai R square sebesar 0,426, hal ini berarti bahwa ada pengaruh variabel profesional guru (X2) terhadap kinerja guru sebesar 42,6% (c) Bentuk hubungan variabel budaya kerja (X3) terhadap kinerja guru (Y) dalam bentuk persamaan regersi Y = 65,455 + 0,306 X3. Artinya jika Budaya kerja meningkat 1 poin maka kinerja guru akan meningkat sebesar 0,306 poin pada konstanta 65,455. Maka Ha diterima dan Ho ditolak. Nilai R square sebesar 0,175. Artinya ada pengaruh budaya kerja (X3) terhadap Kinerja Guru sebesar 17,5% (d) Karena Fhitung > Ftabel atau 16,633> 2,790. Nilai R square sebesar 0,934, artinya ada pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, profesional guru dan budaya kerja secara bersama sama terhadap Kinerja Guru sebesar 93,4% Ha diterima dan Ho ditolak.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21066
Appears in Collections:Masters in Higher Education Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TESIS FRANKY PARLINDUNGAN SILALAHI 2020060091.pdf3.9 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.