Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21019
Title: | Analisis Kesalahan Kalimat Dalam Teks Eksposisi Siswa Kelas X Smk Al Washliyah 30 Medan |
Authors: | Harahap, Siti Sarah |
Keywords: | Kesalahan Kalimat;Teks Eksposisi |
Issue Date: | 22-Nov-2022 |
Publisher: | UMSU |
Abstract: | Dalam proses pembelajaran keterampilan dalam menulis harus diimbangi dengan penguasaan dalam ejaan. Terutama dalam penguasaan ejaan kalimat merupakan elemen yang penting yang harus diperhatikan dalam penulisan karangan terutama pada karangan teks eksposisi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif untuk menggambarkan bentuk kesalahan dan daerah yang memiliki kesalahan dalam ejaan yang dianalisis pada bidang pemakaian huruf, penulisan kata, tanda baca dan pemenggalan kata. Kemudian kesalahan tersebut digolongkan berdasarkan kesalahannya. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas X SMK Al Washliyah 30 Medan. Peneliti menggunakan metode memberikan tugas kepada siswa untuk menuliskan teks eksposisi pada kertas, kemudian peneliti memeriksa hasil kerja tersebut, dan ditemukan kesalahan dalam ejaan dalam teks eksposisi. Kesalahan tersebut kemudian dikelompokkan dalam bidang kesalahan pemakaian huruf, penulisan kata, tanda baca, dan pengolahan kata. Dari hasil penelitian ini rata-rata kesalahan yang ditemukan dalam hasil lembar kerja siswa adalah kesalahan dalam penulisan ejaan kata, hampir rata-rata ditemukan kata-kata yang tidak sesuai dengan ejaan. Melihat hal ini hendaknya pendidik memberikan pembelajaran mengenai Ejaan Bahasa Indonesia (EBI) secara lebih baik kepada peserta didik |
URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21019 |
Appears in Collections: | Indonesian Language Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI SITI SARAH HARAHAP.pdf | 4.09 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.