Abstract:
Dalam proses pembelajaran keterampilan dalam menulis harus diimbangi dengan
penguasaan dalam ejaan. Terutama dalam penguasaan ejaan kalimat merupakan
elemen yang penting yang harus diperhatikan dalam penulisan karangan terutama
pada karangan teks eksposisi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode
penelitian kualitatif deskriptif untuk menggambarkan bentuk kesalahan dan
daerah yang memiliki kesalahan dalam ejaan yang dianalisis pada bidang
pemakaian huruf, penulisan kata, tanda baca dan pemenggalan kata. Kemudian
kesalahan tersebut digolongkan berdasarkan kesalahannya. Penelitian ini
dilakukan pada peserta didik kelas X SMK Al Washliyah 30 Medan. Peneliti
menggunakan metode memberikan tugas kepada siswa untuk menuliskan teks
eksposisi pada kertas, kemudian peneliti memeriksa hasil kerja tersebut, dan
ditemukan kesalahan dalam ejaan dalam teks eksposisi. Kesalahan tersebut
kemudian dikelompokkan dalam bidang kesalahan pemakaian huruf, penulisan
kata, tanda baca, dan pengolahan kata. Dari hasil penelitian ini rata-rata kesalahan
yang ditemukan dalam hasil lembar kerja siswa adalah kesalahan dalam penulisan
ejaan kata, hampir rata-rata ditemukan kata-kata yang tidak sesuai dengan ejaan.
Melihat hal ini hendaknya pendidik memberikan pembelajaran mengenai Ejaan
Bahasa Indonesia (EBI) secara lebih baik kepada peserta didik