Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21007
Title: EFEKTIVITAS MANAJEMEN SEKOLAH DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN DIVERSIFIKASI KURIKULUM (STUDI KASUS DI SMP NEGERI 2 KOTA SIBOLGA
Authors: SIRAIT, HOTNIDA
Keywords: Manajemen sekolah;kurikulum;diversifikasi
Issue Date: 16-Mar-2023
Abstract: Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas manajemen sekolah dalm mengimplementasikan diversifikasi kurikulum (studi kasus di MSP N 2 Sibolga ). Penelitian ini di laksanakan di SMP Negeri 2 jalan JL. Oswald Siahaan No. 35, Sibolga ILIR, Kec. Sibolga Utara, Kota Sibolga Prov. Sumatera Utara. Dengan tekhnik pengumpulan data observasi, wawancara dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian adalah Kurikulum idealnya dilaksanakan berorientasi pada kehidupan, pada tingkat kemampuan dasar untuk keperluan pengembangan seperti membaca, menulis, dan berpikir kritis. Selanjutnya kurikulum yang berorientasi pada kehidupan dan pengalaman peserta didiknya bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif kurikulum yang menyesuaikan dengan kondisi daerah dan lingkungan sekitar sekolah. Seluruh guru SMP Negeri 2 Sibolga diberikan kebebasan dalam menyusun silabus walaupun sudah ada ketentuan silabus dari dinas pendidikan. Adapun penyusunan silabus ini tidak terpusat pada dinas pedidikan melainkan silabus yang sudah dimodifikasi, maksudnya adalah silabus yang menyesuaikan pada karakter siswa. Dalam pelaksanaan program manajemen sekolah, strategi yang diterapkan untuk tercapainya pelaksanaan pembelajaran, meliputi: sosialisasi program, pemecahan masalah, peningkatan mutu, dan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan program sekolah. Proses belajar mengajar (PBM) atau interaksi yang terjadi antara guru dengan siswa di SMP Negeri 2 Sibolga sangat akurat, hal ini dikarenakan proses pengajarannya yang harmonis. Evaluasi kurikulum dalam melaksanakan pembelajaran yang perlu dinilai bertitik tolak dari aspek-aspek tujuan hendak dicapai, baik tujuan kurikulum, tujuan pembelajaran dan tujuan belajar siswa. Setiap evaluasi nilai berpangkal pada kemampuan-kemampuan apa yang hendak dikembangkan, sedangkan setiap kemampuan itu mengandung uNdur-uNdur pengetahuan, ketrampilan dan sikap serta nilai. Penetapan aspek yang dinilai mengacu pada kriteria keberhasilan yang telah ditentukan dalam kurikulum tersebut.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21007
Appears in Collections:Masters in Higher Education Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TESIS HOTNIDA SIRAIT 2020060130.pdf4.49 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.