Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20997
Title: PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR
Authors: DEA, ALDANI
Keywords: Media Berbasis Wordwall;Hasil Belajar
Issue Date: 26-May-2023
Abstract: Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat pengaruh penggunaan media berbasis wordwall terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar di MTSS AL-WASHLIYAH”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan aplikasi wordwall terhadap hasil belajar siswa di MTSS AL-WASHLIYAH. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di MTsS Al-Washliyah yang berjumlah 80 dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 siswa. Desain penelitian menggunakan pretest postest one grup. Instrument penelitian ini berupa soal tes tentang bangun ruang sisi datar. Teknik pengumpulan data menggunakan tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Teknik analisis data menggunakan uji normalitas. Uji Secara Parsial (Uji t) dan Uji N-Gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media berbasis wordwall terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sisis datar. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian secara parsial menggunakan uji t dengan nilai thitung = 4,080 dengan harga ttabel = 1,701 untuk taraf nyata 𝛼 = 0,05 dengan nilai df = 28 menunjukkan bahwa 4,080 > 1,701 atau thitung > ttabel. Sedangkan hasil Uji N-Gain pada nilai pretest dan posttest berada pada kriteria tinggi yaitu 0,7. Sehingga terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar setelah pemberian perlakuan dengan menggunakan media berbasis wordwall.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20997
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI DEA ALDANI .pdfFull Text4.81 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.