Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat pengaruh
penggunaan media berbasis wordwall terhadap hasil belajar siswa pada materi
bangun ruang sisi datar di MTSS AL-WASHLIYAH”. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan aplikasi wordwall
terhadap hasil belajar siswa di MTSS AL-WASHLIYAH. Populasi dalam penelitian
ini adalah siswa kelas VIII di MTsS Al-Washliyah yang berjumlah 80 dan sampel
dalam penelitian ini sebanyak 30 siswa. Desain penelitian menggunakan pretest
postest one grup. Instrument penelitian ini berupa soal tes tentang bangun ruang sisi
datar. Teknik pengumpulan data menggunakan tes awal (pretest) dan tes akhir
(posttest). Teknik analisis data menggunakan uji normalitas. Uji Secara Parsial (Uji
t) dan Uji N-Gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh
media berbasis wordwall terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun ruang
sisis datar. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian secara parsial menggunakan uji
t dengan nilai thitung = 4,080 dengan harga ttabel = 1,701 untuk taraf nyata 𝛼 = 0,05
dengan nilai df = 28 menunjukkan bahwa 4,080 > 1,701 atau thitung > ttabel.
Sedangkan hasil Uji N-Gain pada nilai pretest dan posttest berada pada kriteria
tinggi yaitu 0,7. Sehingga terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar
setelah pemberian perlakuan dengan menggunakan media berbasis wordwall.