Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20854
Title: PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MODEL ADVANCE ORGANIZER UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA
Authors: YUSMA, IRA
Keywords: advanced organizer;Aljabar;Research and Develpoment
Issue Date: 9-Feb-2023
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan bahan ajar dengan berbasis model advance organizer dalam memahami materi aljabar pada siswa SMP Negeri 20 Medan. Untuk mengetahui bagaimana kelayakan pengembangan bahan ajar matematika dengan dengan berbasis model advance organizer dalam memahami materi aljabar pada siswa SMP Negeri 20 Medan. Metode yang digunakan Research and Develpoment (Sugiono, 2016:409), Validasi yang dilakukan pada penelitian ini adalah 1 dosen ahli materi dan 2 guru ahli materi di SMP Negeri 20 Medan, dari hasil validator ahli materi pada tahap I, pada validator pertama memperoleh nilai 60,5% dengan kriteria “kurang layak”, validator kedua memperoleh nilai 58,6% dengan kriteria “kurang layak” dan validator ketiga memperoleh nilai 57,6% dengan kriteria “ kurang layak”. Dari validasi tahap I memiliki nilai rata-rata sebesar 58,2% dengan kriteria “kurang layak”. Sedangkan validasi ahli materi tahap II pada validasi pertama memperoleh nilai 82,6% dengan kriteria sangat baik, validasi kedua memperoleh nilai 80,7% dengan kriteria “sangat layak” dan validasi ketiga memperoleh nilai 76,9% dengan kriteria “layak”. dari ketiga validator memiliki nilai rata-rata 80% dengan kriteria “layak”. Hasil ujicoba produk pada angket respon siswa, Pada uji coba kelas kecil memperoleh nilai rata-rata 87,4% dengan kriteria “sangat menarik”, Hasil ujicoba produk pada angket respon siswa pada uji coba lapangan memperoleh nilai rata-rata 83% dengan kriteria “sangat menarik”
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20854
Appears in Collections:Masters in Mathematics Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TESIS IRA YUSMA.pdf2.41 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.