Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20850
Title: PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCESISWAMELALUI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARANPROBLEM BASED LEARNINGPADA SISWASMP SWASTA AMALYATUL HUDA
Authors: RIZKI SIMANULLANG, SYAIPUL
Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis;Self ConfidenceSiswa;Guided Discovery Learning;Problem Based Learning
Issue Date: 9-Feb-2023
Abstract: Kebanyakan siswa hanya terfokus dengan apa yang diajarkan oleh gurunya, siswa tidak banyak terlibat dalam mengkonstruksi pengetahuannya dan hanya menerima informasi yang disampaikan guru, kurangnya kemampuan dalam mendefinisikan kembali materi yang diajarkan dengan bahasa sendiri, dan kurang percaya akan kemampuan yang ada dalam dirinya sendiri yang menyebabkan tidak berani dalam mencoba untuk melakukan suatu hal. Jenis penelitian iniadalah eksperimen semu. Sampel penelitian adalah kelas eksperimen I yaitu kelas IX-A menggunakan model guided discovery learningdan kelas eksperimen II yaitu kelas IX-B menggunakan model problem based learning.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa melalui model pembelajaran guided discovery learning dan problem based learning; 2) Perbedaan self confidence siswa melalui model pembelajaran guided discovery learning dan problem based learning; 3) Hubungan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis matematis dan self confidence siswa melalui model pembelajaran guided discovery learning; 4)hubungan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis matematis dan self confidence siswa melalui model pembelajaran problem based learning. Instrumentyang digunakan yaitu tes, angket, dan lembar observasi. Uji hipotesis yang digunakan yaitu uji manova. Adapun hasil penelitian adalah : 1) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa melalui model pembelajaran guided discovery learning dan problem based learning; 2) terdapat perbedaan self confidence siswa melalui model pembelajaran guided discovery learning dan problem based learning; 3) terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis matematis dan self confidence siswa melalui model pembelajaran guided discovery learning; 4) terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis matematis dan self confidence siswa melalui model pembelajaran problem based learning.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20850
Appears in Collections:Masters in Mathematics Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SYAIPUL RIZKI SIMANULLANG.pdf3.73 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.