Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20697
Title: PENGARUH PENGGUNAAN METODE SHOW AND TELL TERHADAP KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SISWA KELAS V SD SWASTA SURYA BAKTI TAHUN AJARAN 2022/2023
Authors: NAMIROH, SEPTI SAZLI
Keywords: Show and Tell;Keterampilan Berkomunikasi
Issue Date: 8-Feb-2023
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui keterampilan berkomunikasi siswa kelas V SD Swasta Surya Bakti sebelum menggunakan metode pembelajaran pengaruh penggunaan metode Show and Tell. (2) Mengetahui keterampilan berkomunikasi siswa kelas V SD Swasta Surya Bakti sesudah menggunakan metode pembelajaran Show And Tell. (3) Mengetahui pengaruh metode pembelajaran Show and Tell terhadap keterampilan berkomunikasi siswa kelas V SD Swasta Surya Bakti. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan rancangan kelompok one group pretest posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Swasta Surya Bakti yang berjumlah 28 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian : (1) Sebelum menggunakan metode pembelajaran Show And Tell bahwa nilai rata-rata siswa masih rendah yaitu 66,57. (2) Sesudah menggunakan metode pembelajaran Show and Tell nilai rata-rata siswa meningkat yaitu 89,07. (3) Berdasarkan penelitian tersebut, diperoleh hasil perhitungan hipotesis menggunakan uji t (Paired Sample T Test) pada taraf signifikan 0,05 diperoleh hasil nilai sig. (2-tailed) adalah 0,000 ≤ 0,05 maka dapat dikatakan diterima dan ditolak. Hasil analisis data tersebutdapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara pretest dan posttest dengan demikian terdapat pengaruh penggunaan metode Show and Tell terhadap keterampilan berkomunikasi siswa kelas V SD Swasta Surya Bakti tahun ajaran 2022/2023.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20697
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI NAMIROH SEPTI SAZLI FIX.pdfFull Text6.43 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.