Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20375
Title: IMPLEMENTASI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS MULTIKULTURAL DALAM MENINGKATKAN KARAKTER SISWA (STUDI KASUS DI UPT SMP NEGERI 3 MEDAN)
Authors: SURYATI, RIRI
Keywords: Implementasi;Nilai Pendidikan Karakter;berbasis Multikultural;dalam Meningkatkan Karakter Siswa
Issue Date: 15-Sep-2022
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Berbasis Multikultural dalam Meningkatkan Karakter Siswa (Studi Kasus di UPT SMP Negeri 3 Medan). Penelitian ini mengggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Study Kasus. Data diperoleh dengan teknik wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman melalui tahapan reduksi data. Penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan adapun tentang pelaksanaan implementasi nilai pendidikan karakter berbasis multikultural di UPT SMP Negeri 3 Medan memfokuskan pada 5 hal yaitu: 1. Beriman dan Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, 2. Berakhlak Mulia, 3. Berbhinekaan Global, 4. Gotong Royong, 5. Kreatif dan Bernalar Kritis yang tertuang dalam Profil Pelajar Pancasila. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa implementasi nilai pendidikankarakter berbasis multikultural dalam meningkatkan karakter siswa (Studi Kasus UPT SMP Negeri 3 Medan) belum sepenuhnya baik, pendidikan karakter disekolah juga sangat terkait dengan manajemen atau pengelolaan sekolah. Pengelolaan yang dimaksud adalah bagaimana pendidikan karakter direncanakan, dilaksanakan, dan dikendalikan dalam kegiatan-kegiatan pendidikan sekolah secara memadai. Pengelolaan tersebut antara lain meliputi: nila-nilai yang perlu ditanamkan, muatan kurikulum, pembelajaran, penilaian, pendidik, dan tenaga kependidikanjuga yang belum mampu mengikuti secara keseluruhan peraturan yang ada disekolah. Perilaku evaluasi pendidikan karakter peserta didik sudah baik, sesuai dengan peraturan yang sudah ditetapkan sekolah bahwa faktor pendukung dalam menumbuhkan karakter peserta didik beragam, dari sarana dan prasarana, kemudian kerjasama antar pihak-pihak yang berpengaruh dalam sekolah, bahwa keluarga merupakan pondasi pengembangan intelektual dan moral.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20375
Appears in Collections:Masters in Higher Education Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
REVISI TESIS RIRI SURYATI SETELAH SIDANG MMPT.pdf2.84 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.