Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20344
Title: PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL, MOTIVASI KERJA, DAN OPTIMISME AKADEMIK TERHADAP EFEKTIVITAS KINERJA GURU SMK NEGERI DI KABUPATEN BATU BARA
Authors: MARIANUM
Keywords: Kompetensi Profesional;Motivasi Kerja;Dan Optimisme Akademik Terhadap Efektivitas Kinerja Guru
Issue Date: 30-Sep-2022
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional, motivasi kerja, dan optimisme akademik terhadap efektivitas kinerja guru SMK Negeri Kabupaten Batu Bara. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri Kabupaten Batu Bara Yang tersebar di seluruh Kabupaten Batu Bara Provinsi Sumatera Utara dengan Jumlah sampel yakni 127 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan teknik analsiis data yakni validitas, reliabilitas, uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh kompetensi profesional terhadap efektivitas kinerja guru dimana diperoleh nilai t hitung sebesar 2,826 dengan perolehan nilai Sig 0,006 < 0,05 dan Hasil analisis regresi sederhana, menunjukkan persamaan regresi Ŷ = 1.104+ .147X1, yang berarti bahwa setiap peningkatan satu nilai kompetensi profesional akan diikuti peningkatan nilai efektifitas kinerja guru.sebesar 0,147. Terdapat pengaruh motivasi kerja terhadap efektifitas kinerja guru dimana diperoleh nilai t hitung sebesar 6,823 dengan perolehan nilai Sig 0,000 < 0,05 dan Hasil analisis regresi sederhana, menunjukkan persamaan regresi Ŷ = 1.104+ .289 X2 yang berarti bahwa setiap peningkatan satu nilai Budaya Organisasi akan diikuti peningkatan nilai efektifitas kinerja guru sebesar 0,289. Terdapat pengaruh optimisme akademik terhadap efektifitas kinerja guru dimana diperoleh nilai t hitung sebesar 3,976 dengan perolehan nilai Sig 0,000 < 0,05 dan Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan persamaan regresi Ŷ = 1.104+ 0,233 X3 yang berarti bahwa setiap peningkatan satu nilai optimisme akademik akan diikuti peningkatan nilai efektifitas kinerja guru sebesar 0.233. Terdapat pengaruh kompetensi profesional (X1), motivasi kerja (X2) dan optimisme akademik (X3) secara bersama-sama terhadap efektifitas kinerja guru dimana diperoleh nilai F hitung sebesar 69.692 dan signifikansi (Sig.) 0,000 Adapun besarnya pengaruh ditunjukkan oleh koefisien determinasi R2 (R square) = 63.0 yang berarti bahwa Kompetensi Profesional (X1), Motivasi Kerja (X2) dan Optimisme Akademik (X3) secara bersama-sama memberikan pengaruh terhadap Efektifitas Kinerja Guru sebesar 63.0 % dan sisanya yaitu 37.0% ditentukan oleh faktor lainnya. Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan persamaan Ŷ = 1.104+.0,147 X1 + 0,289 X2 + 0,233 X3 + e.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20344
Appears in Collections:Masters in Higher Education Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TESIS MARIANUM.pdf4.14 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.