Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20158
Title: EFEKTIVITAS MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP)DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI KOTA TEBING TINGGI
Authors: HERAWATI, SRI
Keywords: Efektivitas;MGMP;Kompetensi Profesional Guru
Issue Date: 16-Sep-2022
Abstract: Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) merupakan organisasi yang berusaha melakukan peningkatan profesionalisme guru dalam melaksanakan pembelajaran di sekolahnya. Efektifitas MGMP dapat ditinjau dari kegiatan untuk meningkatkan kompetensi profesional guru dalam menghasilkan kinerja dalam bentuk produk guru dalam merencanakan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran dalam kegiatan MGMP. Berdasarkan uraian ini, fokus penelitian ini adalah efektifas musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di SMP Negeri kota Tebing Tinggi Rayon SMP Negeri 1 Tebing Tinggi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan kuantitatif yang secara spesifik lebih diarahkan pada penggunaan metode campuran. Pendekatan kualitatif dalam penelitian ini adalah bersifat primer, sedangkan pendekatan kuantitatif bersifat skunder. Pengumpulan data kualitatif dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Analisis data kuantitatif dilakukan untuk mendukung temuan penelitian ini. Analisis data kuantitatif menggunakan teknik analisis statistik. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Efektivitas MGMP di SMPN 1 Tebing Tinggi dalam meningkatkan kompetensi profesional guru dilaksanakan melalui forum diskusi, pelatihan, workshop dan seminar serta penguatan komitmen kerja melalui proses pembinaan, kordinasi dan pengendalian kepala semua anggota MGMP yang dilaksanakan terjadwal dan terprogram. Peningkatan kompetensi profesional ditunjukkan dengan mengembangkan program layanan akademik yang berkaitan dengan pembelajaran yang efektif; mengembangkan kurikulum, silabus dan melakukan analisis materi pelajaran, program tahunan, program semester, rencana pelajaran (RPP), dan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal), dan modifikasi kurikulum merdeka belajar dengan memasukan pendidikan karakter bangsa. serta merumuskan model pembelajaran yang variatif dan alat-alat peraga praktik pembelajaran bahasa Indonesia. Sedangkan kendala yang dihadapi oleh MGMP SMPN Negeri 1 Tebing Tinggi terdiri dari kendala internal dan kendala eksternal. Selain itu vakum selama wabah covid 19, sehingg MGMP tidak menjalankan program, kondisi ini menyebabkan banyak program-program MGMP yang terbengkalai diantaranya pengembangan kurikulum merdeka belajar, guru dan sekolah penggerak, pengembangan materi dan RPP bidang studi Bahasa Indonesia, dan penilaian bidang studi berbasis portofolio dan lainya yang tidak tepat waktu, serta keterbatasan dana pembinaan untuk pelatihan dan seminar bagi anggota MGMP
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20158
Appears in Collections:Masters in Higher Education Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TESIS SRI HERAWATI_2020060011.pdf2.19 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.