Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20157
Title: EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID 19 DI SMK NEGERI 4 KOTA TEBING TINGGI
Authors: SYAMSIDAR
Keywords: Efektifitas;Pembelajaran Daring;Pandemi Covid 19
Issue Date: 17-Sep-2022
Abstract: Efektifitas pembelajaran dapat dilihat dari aktifitas siswa selama pembelajaran berlangsung, dimana Proses belajar mengajar dikatakan efektif apabila pembelajaran tersebut dapat mencapai tujuan yang diharapkan serta siswa dapat menyerap materi pelajaran dan mempraktekkannya. Berdasarkan uraian ini, focus penelitian ini yakni efektifitas pembelajaran daring menggunakan media online yang berdampak pada prestasi belajar siswa SMK Negeri 4 Kota Tebing Tinggi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan kuantitatif yang secara spesifik lebih diarahkan pada penggunaan metode campuran. Pendekatan kualitatif dalam penelitian ini adalah bersifat primer, sedangkan pendekatan kualitatif bersifat skunder. Pengumpulan data kualitatif dilakukan dengan wawancara, dokumentasi dan observasi.Analisis data kuantitatif dilakukan untuk mendukung temuan penelitian ini. Analisis data kuantitatif menggunakan teknik analisis statistic. Hasil penelitian disimpulkan bahwa Implementasi pembelajaran daring di SMK Negeri 4 Kota Tebing Tinggi ada kemudahan atau kelebihan dimana menjadi kelebihan yakni Proses pembelajaran dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, guru dan siswa dapat menambah pengetahuannya mengenai pemanfaatan teknologi informasi yang digunakan dalam bidang pendidikan, guru dan siswa memiliki sumber belajar yang sangat luas, menumbuhkan rasa mandiri dan kesadaran siswa untuk belajar, serta siswa dapat memanfaatkan berbagai fitur belajar online, mulai dari yang gratis hingga yang berbayar. Sedangkan kendala yang dihadapi dalam diantaranya penggunaan media daring memerlukan biaya yang besar, kendala jaringan, cuaca dan lampu padam akan mengganggu jalannya aktivitas pembelajaran, kuota internet, merupakan kendala yang cukup berat bagi siswa, motivasi belajar siswa akan cenderung menurun jika guru dan orang tua siswa tidak melakukan control siswa belajar dirumah secara intensif, dan berkurangnya bimbingan dan interaksi antara guru dan siswa maupun siswa dengan siswa.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20157
Appears in Collections:Masters in Higher Education Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TESIS SYAMSIDAR_2020060003.pdf3.83 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.