Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19724
Title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN TEMA CITA-CITAKU PADA SISWA SD MUHAMMADIYAH 03 MEDAN
Authors: HULZANAH, DINDA
Keywords: Model Pembelajaran Think Talk Write;Kemampuan Menulis
Issue Date: 24-Nov-2022
Abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang mampunya siswa dalam mengembangkan kreativitas dan imajinasinya untuk menuangkan gagasan ke dalam bentuk tulisan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menulis cerpen siswa dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write dan kemampuan menulis cerpen siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Instrument pada penelitian ini adalah lembar observasi. Populasi pada penelitian ini adalah kelas IV SD Muhammadiyah 03 Medan yang terdiri dari 4 kelas yang berjumlah 72 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan acak kelas maka diperoleh kelas IV A Plus yang berjumlah 18 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B Reguler yang berjumlah 18 siswa sebagai kelas kontrol. Variabel bebas adalah model pembelajaran Think Talk Write dan variabel terikat adalah kemampuan menulis. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t (Independent Sampel T-Tes), yang didahului dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil dari penelitian dengan menggunakan uji-t mendapatkan nilai Sig. 2-tailed sebesar 0,000. Berarti 0,000 < 0.05, maka Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran Think Talk Write terhadap kemampuan menulis pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah 03 Medan.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19724
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_DINDA HULZANAH_1802090126.pdfFull Text5.84 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.