Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19683
Title: PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN SAINTIFIK TERHADAP KETERAMPILAN SISWA DALAM MENGKLASIFIKASIKAN PADA MATERI BENDA DAN SIFATNYA KELAS 5 SD SWASTA BALERINA SCHOOL
Authors: AMRITA, NISA
Keywords: Saintifik;Keterampilan Siswa
Issue Date: 24-Nov-2022
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh strategi pembelajaran saintifik terhadap keterampilan siswa dalam mengklasifikasikan pada materi benda dan sifatnya kelas 5 SD Swasta Balerina School. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas 5A SD Swasta Balerina School yang berjumlah 20 orang terdiri dari 11 siswa Laki-laki dan 9 Siswi Perempuan. Dalam penelitian ini melibatkan dua variabel yaitu variabel Bebas (X) Strategi Pembelajaran Saintifik dan variable Terikat (Y) Keterampilan Siswa. Instrumen pada penelitian ini yaitu Lembar observasi keterampilan proses siswa yang diisi oleh Observer. Hasil penelitian ini diperoleh nilai Thitung = 54,096 lebih besar daripada nilai Ttabel = 2,878 dengan formulasi perbandingan Thitung = 54,096 > Ttabel = 2,878. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif antara Strategi pembelajaran saintifik terhadap keterampilan siswa pada materi benda dan sifatnya kelas 5 SD Swasta Balerina School. Dan hasil nilai rata – rata yang diperoleh 70,75. Maka dapat disimpulkan bahwa besar pengaruh Strategi pembelajaran saintifik terhadap keterampilan siswa dalam mengklasifikasikan pada materi benda dan sifatnya kelas 5 SD Swasta Balerina School sebesar 71 %.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19683
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Nisa Amrita-1802090040.pdfFull Text3.75 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.