Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19495
Title: PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SMP MUHAMMADIYAH 57 MEDAN
Authors: OKTAVIANI, DEA
Keywords: Hasil Belajar Matematika;Kemandirian Belajar
Issue Date: 16-Nov-2022
Abstract: Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) apakah ada pengaruh kemandirian terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika di SMP Muhammadiyah 57 Medan ? 2) berapa besar kah pengaruh kemandirian terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika di SMP Muhammadiyah 57 Medan?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika di SMP Muhammadiyah 57 Medan dan untuk mengetahui berapa besar pengaruh kemandirian terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika di SMP Muhammadiyah 57 Medan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B yang berjumlah 30 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Instrumen penelitian menggunakan angket dan tes uraian dengan materi SPLDV.Teknik pengumpulan data menggunakan test dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) serta uji hipotesis dan uji koefisiensi determinasi (R2 ). Berdasarkan hasil penelitian dan uji satsitik dengan menggunakan software batuan SPSS version 25 diketahui dengan uji hipotesis mendapatkan nilai Sig. untuk pengaruh variabel kemandirian belajar siswa (X) terhadap variabel hasil belajar matematika siswa (Y) adalah sebesar 0,004 < 0,05 atau nilai sig yakni 0,004 lebih kecil dari 0,05, dan t hitung mendapatkan nilai sebesar 1,961 > t tabel 1,697 atau nilai t hitung lebih besar dari t tabel. Berdasarakan haisl uji koefisiensi determinasi R Square mendapatakan nilai sebesar 0,130, hal tersebut memiliki makna bahwasanya kemampuan variabel independen yakni kemandirian belajar siswa (X1) mempengaruhi variabel hasil belajar matematika siswa SMP Muhammadiyah 57 Medan (Y) adalah sebesar 13,0%
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19495
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
CD SKRIPSI DEA OKTAVIANI.pdfFull Text4.49 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.