Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) apakah ada pengaruh kemandirian
terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika di SMP
Muhammadiyah 57 Medan ? 2) berapa besar kah pengaruh kemandirian terhadap
hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika di SMP Muhammadiyah 57
Medan?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian terhadap
hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika di SMP Muhammadiyah 57
Medan dan untuk mengetahui berapa besar pengaruh kemandirian terhadap hasil
belajar siswa pada pembelajaran matematika di SMP Muhammadiyah 57 Medan.
Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B yang berjumlah 30 orang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Instrumen penelitian menggunakan
angket dan tes uraian dengan materi SPLDV.Teknik pengumpulan data
menggunakan test dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat (uji
normalitas dan uji homogenitas) serta uji hipotesis dan uji koefisiensi determinasi
(R2
). Berdasarkan hasil penelitian dan uji satsitik dengan menggunakan software
batuan SPSS version 25 diketahui dengan uji hipotesis mendapatkan nilai Sig. untuk
pengaruh variabel kemandirian belajar siswa (X) terhadap variabel hasil belajar
matematika siswa (Y) adalah sebesar 0,004 < 0,05 atau nilai sig yakni 0,004 lebih
kecil dari 0,05, dan t hitung mendapatkan nilai sebesar 1,961 > t tabel 1,697 atau
nilai t hitung lebih besar dari t tabel. Berdasarakan haisl uji koefisiensi determinasi
R Square mendapatakan nilai sebesar 0,130, hal tersebut memiliki makna
bahwasanya kemampuan variabel independen yakni kemandirian belajar siswa
(X1) mempengaruhi variabel hasil belajar matematika siswa SMP Muhammadiyah
57 Medan (Y) adalah sebesar 13,0%