Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19177
Title: ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KAIN PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KOTA BINANGA (STUDI KASUS TOKO KAIN A.A MAHMUD)
Authors: SIREGAR, ROPITA INDAH
Keywords: Perencanaan;Pengelolaan
Issue Date: 3-Nov-2022
Abstract: Penelitan ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis strategi pengembangan usaha kain pada usaha mukro, kecil dan menengah Pengembangan UMKM diharapkan dapat berfungsi sebagai akar topang dalam pembangunan ekonomi, sehingga diperlukan usaha-usaha yang ditujukan untuk pengembangan UMKM. Adapun tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Analisis Strategi Pengembangan Usaha Kain Pada Usaha Mikro Kecil dan Menenah di Kota Binagan (Studi Kasus Toko Kain A.A Mahmud) dan mengetahui faktor apa saja yang medukung dan menghambat dalam pengembangan sektor UMKM. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan (field research) dan menggunakan dua jenis sumber data, yaitu data primer dan data sekunder. Data tersebut diperoleh dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, langkah selanjutnya data tersebut dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi Pengembangan Usaha Kain Terhadap Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kota Binanga pada usaha Toko Kain A.A Mahmud sudah berjalan dengan sangat cukup baik. Hal tersebut diketahui dengan melakukan pengembangan pada indikator perencanaan, pengelolaan usaha, pertumbuhan usaha dan juga pendorong usaha. Dalam menentukan pernecanaan yang baik dan produktif Toko Kain A.A Mahmud telah membuat beberapa perencanaan sebagai upaya peningkatan usaha, . Pada pengelolaan usaha, Toko Kain A.A Mahmud Kota Binanga selama ini telah menjalankan beberapa langkah langkah pengelolaan usaha agar berjalan dengan baik. Selanjutnya pada indikator pertumbuhan usaha Toko Kain A.A Mahmud juga merambah dunia komunikasi sebagai media pemasaran produk. Serta pendorong usaha Toko Kain A.A Mahmud dalam menjalankan kegiatan bisnis nya, pengaruh modal dan juga pemasaran merupakan sesuatu yang mampu mendngkrak pengembangan usaha, seperti pada aspek peningkatan penjualan dan juga permodalan. Faktor yang mendukung adalah tersedianya dana atau anggaran yang memadai, jalinan kerjasama dengan para stakeholders, serta adanya sarana dan prasarana yang memadai. Faktor yang menghambat adalah rendahnya jiwa kewirausahaan yang dimiliki oleh SDM UMKM yang berdampak pada terhambatnya pelaksanaan strategi pengembangan tersebut.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19177
Appears in Collections:Sharia Management Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ROPITA INDAH SIREGAR (1801280028) (1).pdfFull Text4.69 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.