Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19128
Title: PENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS IV SD SWASTA AL-WASHLIYAH 25 MEDAN T.A 2022/2023
Authors: FADILLAH, MAIRA
Keywords: Metode Bercerita;Keterampilan Berbicara
Issue Date: 3-Nov-2022
Abstract: Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya tingkat berbahasa anak khususnya dalam keterampilan berbicara dalam penggunaan metode dan media pembelajaran yang tidak menarik. Tujuan dalam penelitian ini adalah : 1. Untuk mengetahui keterampilan berbicara siswa sebelum dan setelah menggunakan metode bercerita. 2. untuk mengetahui pengaruh metode bercerita terhadap keterampilan berbicara siswa. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasinya terdiri dari seluruh siswa kelas IV-A dan IV-B siswa SD Swasta Al-Washliyah 25 Medan. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sampling total. Instrument yang digunakan penelitian in teknik non-tes berupa pedoman observasi dan lembar tes (Check list). Penelitian ini untuk memperoleh bukti validitas instrument digunakan 2 cara, yaitu: validitas isi (Content validity) dan validitas konstruk (Contruct validity). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas serta menggunakan uji hipotesis yaitu dengan uji Mann Whitney. Hasil penelitian, pada uji normalitas menunjukkan nilai berdistribusi tidak normal pada kelas eksperimen yaitu 0,001≤ 0,05. Sedangkan pada kelas kontrol 0,135 > 0,05. Uji homogenitas berdistribusi homogen dengan nilai signifikansi 0,103>0,05. Hasil uji hipotesis dengan Uji Mann Whitney dilihat bahwa nilai signifikansi (Asym. Sig.2 tailed) adalah 0,012 ≤ 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Metode Bercerita terhadap keterampilan berbicara siswa.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19128
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi_Maira Fadillah_1802090065.pdfFull Text4.69 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.