Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19094
Title: PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V SD NEGERI 105288 SEI ROTAN
Authors: APRILIYANI, SASKIA
Keywords: Model Pembelajaran STAD;Kemampuan Berpikir Kritis
Issue Date: 3-Nov-2022
Abstract: Penelitian dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaaan model pembelajaran sehingga menurunnya kemampuan siswa dalam berpikir kritis. Rumusan masalah pada penelitian yaitu bagaiamana pengaruh model pembelajaran cooperative tipe STAD terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran tematik di kelas V SD negeri 105288 Sei Rotan. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative tipe STAD terhadap kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas V SD Negeri 105288 Sei Rotan. Jenis penelitian ialah penelitian kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 105288 Sei Rotan dan waktu yang digunakan saat penelitian ialah bulan april – juni tahun 2022. Populasi penelitian berjumlah 56 siswa dengan sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 105288 Sei Rotan sebanyak 56 siswa. Teknik pemilihan sampel penelitian adalah sampling total. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes yang telah valid. Pengujian hipotesis menggunakan uji independent T-Tes. Hasil dari penelitian didapat nilai rata-rata pada kelas kontrol mendapat nilai sebesar 77. Sedangkan nilai rata-rata pada kelas eksperimen yaitu 80. Berdasarkan hasil pengolahan data yang telah dilakukan dengan menggunakan statistik uji idependent t-test pada aplikasi SPSS 24.0 for Windows yaitu 0,000 dengan dengan taraf signifikan 95% atau α = 0,05 maka dari tabel distribusi t dimana nilai probabilitasnya lebih kecil dari 0,05 Sehingga menunjukkan bahwa hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil analisis data disimpulkan bahwa “Terdapat Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran STAD terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SD Negeri 105288 Sei Rotan.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19094
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_SASKIA_APRILIYANI.pdfFull Text6.15 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.