Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19069
Title: | PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA KELAS V UPT SDN 060890 MEDAN POLONIA |
Authors: | ADENIA, RIZKY |
Keywords: | Problem Based Learning;Keterampilan Proses |
Issue Date: | 1-Nov-2022 |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap keterampilan proses pembelajaran tematik pada siswa kelas V UPT SDN 060890. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangn kelompok one group pretest posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 060890 yang berjumlah 23 orang. Tekhnik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa nilai rata-rata siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata siswa tanpa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning yaitu 87,43 banding 58,96. Nilai tertinggi yang diperoleh siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning adalah 44. Nilai tertinggi yang diperoleh siswa sesudah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning adalah 96. Berdasarkan penelitian tersebut diperoleh hasil perhitungan hipotesis menggunakan uji t (Paired Sample T Test) pada taraf signifikan 0,05 diperoleh hasil nilai sig. (2-tailed) adalah 0,000 0,05 maka dapat dikatakan diterima dan ditolak. Hasil analisi data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara pretest dan posttest dengan ddemikian terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap keterampilan proses pembelajaran tematik pada siswa kelas V UPT SDN 060890. |
URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19069 |
Appears in Collections: | Primary Teacher Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Skripsi Rizky Adenia 1802090013 Final123.pdf | Full Text | 7.4 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.