Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19034
Title: | PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA 3D PADA PEMBELAJARAN IPA TERHADAP PEMAHAMAN SISWA KELAS V SD NEGERI 157641 MASNAULI 2 KECAMATAN SIRANDORUNG KABUPATEN TAPANULI TENGAH |
Authors: | CAHYA, PUTRI |
Keywords: | Media Pembelajaran;Pemahaman Siswa |
Issue Date: | 31-Oct-2022 |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui bagaimana kemampuan pemahaman siswa sebelum dan sesudah melaksanakan pembelajaran menggunakan Media Tiga Dimensi (3D) dan untuk mengetahui pengaruh Penggunaan Media 3D Pada Pembelajaran IPA Terhadap Pemahaman Siswa Kelas V SD Negeri 157641 Masnauli. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VA dan VB SD Negeri 157641 Masnauli II berjumlah 40 orang siswa. Analisis yang digunakan yaitu uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji independent sample t-test. Berdasarkan hasil penelitian yang diproses dan dianalisis dengan menggunakan software SPSS 22.0 for windows menunjukkan bahwa pengujian hipotesis (uji-t) diperoleh hasil bahwa nilai signifikansi (sig.2- tailed) dengan uji-t adalah 0,041, dengan demikian nilai signifikansinya dibawah 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara media pembelajaran 3D pada pembelajaran IPA terhadap peningkatan pemahaman siswa di kelas V SD Negeri 157641 Masnauli II. |
URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19034 |
Appears in Collections: | Primary Teacher Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI PUTRI CAHYA.pdf | Full Text | 7.35 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.