Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19001
Title: PENGARUH METODE JARIMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI PESERTA DIDIK KELAS 2 SDN 025281 BINJAI TAHUN AJARAN 2021-2022
Authors: RAHMA, SYAUFINA
Keywords: Metode Jarimatika;kemampuan numerasi
Issue Date: 29-Oct-2022
Abstract: Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan numerasi peserta didik pada matapelajaran matematika khususnya perkalian dikelas II SDN 025281 Binjai. untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan metode jarimatika karena kemampuan numerasi peserta didik masih rendah hal ini dapat dilihat masih banyaknya peserta didik mendapat nilai dibawah KKM yang sudah ditetapkan sekolah yaitu 65. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan menggunakan desain quasi-experimental design berupa non-equivalent control group design. Instrumen penelitian menggunakan tes yang berjumlah 25 butir soal yang berbentuk pilihan berganda yang sudah dilakukan uji validitas, reabilitas, daya beda, tingkat kesukaran, dan efektivitas pengecoh. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan rumus uji-t test yang didahului dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis yang diperoleh menunjukkan bahwa metode jarimatika mempunyai nilai signifikan sebesar 0,00 < 0,05, artinya terdapat perbedaan nilai yang signifikan antara hasil pretest dan posttest sehingga dapat dikatakan Ha diterima dan H0 ditolak. Dapat dilihat juga pada sebelum diberi perlakuan menggunakan metode jarimatika nilai rata-rata pretest sebesar 67,23. Sedangkan setelah diberi perlakuan dengan menggunakan metode jarimatika nilai rata-rata posttest 87,38. Itu artinya Terdapat pengaruh metode jarimatika terhadap kemampuan numerasi pada peserta didik kelas II SDN 025282 Binjai. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di SDN 025281 Binjai, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan antara penggunaan metode jarimatika dengan tanpa menggunakan jarimatika dalam menghitung.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19001
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi_Syaufina Rahma 1802090159 .pdfFull Text7.95 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.