Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18992
Title: PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL(HOTS) PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MA AISYIYAH BINJAI
Authors: Shalehati, Rahmah
Keywords: Pembelajaran;Fikih
Issue Date: 27-Oct-2022
Abstract: Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pentingnya pembelajaran fiqih di madrasah adalah untuk membina dan mengasuh peserta didik agar senantiasa dapat memahami ajaran Islam secara menyeluruh. Mengembangkan konsep lingkungan madrasah berwawasan iman dan taqwa atau mengembangkan budaya religius adalah sekumpulan nilai-nilai agama yang melandasi prilaku, kebiasaan keseharian dan simbol-simbol yang dipraktikkan oleh kepala madrasah, guru, siswa serta warga madrasah. Untuk itu, dibutuhkan pelaksanaan pembelajaran untuk menciptakan SDM yang unggul dan cerdas, baik ilmu umum maupun ilmu agama. Oleh karena itu, pelaksanaan pembelajaran berbasis higher order thinking skill (HOTS) pada mata pelajaran fikih di MA Aisyiyah Binjai diharapkan agar siswa dapat mengaplikasikan dalam setiap aktivitas kehidupan sehari-hari. Maka dari pemaparan latar belakang tersebut menjadi permaasalah pada penelitian ini adalah: Bagaimana pelaksanaan pembelajaran berbasis higher order thinking skill (HOTS) di MA Aisyiyah Binjai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran berbasis higher order thinking skill (HOTS) pada mata pelajaran fikih di MA Aisyiyah Binjai. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini mengambil latar belakang di MA Aisyiyah Binjai. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan analisis kualitatif. Sedangkan pada pemeriksaan keabsahan datanya menggunakan tekhnik triangulasi sumber. Hasil Penelitian menunjukkan: 1. Proses pelaksanaan pembelajaran berbasis higher order thinking skill (HOTS) pada mata pelajaran fikih di MA Aisyiyah Binjai terdapat tiga tahap yaitu tahap awal, kegiatan inti, dan penutup yang mana pada pelaksanaan nya diadakan di kelas di lingkungan madrasah. 2. Hasil penelitian diatas dapat di ketahui bahwa proses pembelajaran sesuai dengan tahapan dalam ranah kognitif sesuai dengan pembelajaran berbasis HOTS. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat pelaksanaan pembelajaran berbasis higher order thinking skill (HOTS) pada mata pelajaran fikih di MA Aisyiyah Binjai terlaksana dengan baik.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18992
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI RAHMAH.pdfFull Text3.13 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.