Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18979
Title: ’’Peranan Guru PKn Dalam Menumbuhkan Kesadaran Siswa terhadap Politik dan Hukum di SMA Negeri 1 Langsa”
Authors: ALREFI, T. KEVIN RENDJANA RAMADHANA AQSA
Keywords: Peran Guru;Kesadaran hukum;Kesadaran Politik;PKn
Issue Date: 25-Oct-2022
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Peran guru PKn dalam menumbuhkan kesadaran hukum dan politik dintaranya yaitu pengetahuan, pemahaman dan sikap hukum dan politik siswa di SMA Negeri satu Langsa. Agar siswa menjadi warga negara yang paham dengan hak dan kewajibannya, serta ikut serta berpartisipasi dan bertanggung jawab dalam kehidupan masnyarakat, berbangsa dan bernegarab Adapun rumusan dalam penelitian ini adalah peranan guru PKn dalam menumbuhkan kesadaran siswa terhadap hukum dan politik dan upaya guru dalam menumbuhkan kesadaran hukum dan politik pada siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yaitu analisis data dalam bentuk kata-kata, kalimat atau paragraf yang dinyatakan dalam bentuk deskriptif dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan sehingga dapat memberikan gambaran masalah yang sedang diteliti di Kelas XI SMA Negeri 1 Langsa. Sumber datanya yaitu Guru PKn SMA Negeri 1 Langsa, serta teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan demikian dapat disimpulkan Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru PKN dalam menumbuhkan kesadaran hukum dan politik yaitu sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, penilai dan evaluator. Dalam menjalankan peran tersebut untuk menumbuhkan kesadaran hukum dan politik, guru melakukan upaya diantaranya (1) menempatkan dirinya sebagai teladan bagi siswanya dalam memananamkan nilai moral dan demokrasi, (2) memberikan pengetahuan dan pemahaman hukum dan politik, (3) mengarahkan siswa dalam menarapkan pengetahuan siswa dalam kehidupan sehari-hari, dan (4) mengawasi, memantau proses belajar siswa dan hasil-hasil belajar yang dicapainya serta melakukan perbaikan proses belajar siswa. Dengan peranan guru tersebut, siswa memiliki pengetahuan, pemahaman dan sikap siswa terhadap hukum dan politik
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18979
Appears in Collections:Pancasila and Civic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI T. KEVIN RENDJANA.pdfFull Text2.82 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.