Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18948
Title: PENGARUH PENYEMPITAN BADAN JALAN DAN KARAKTERISTIK LALULINTAS DIRUAS JALAN CEMARA KOTA MEDAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE GREENSHIELDS DAN GREENBERG (STUDI KASUS)
Authors: AFANDI, KHAIRUL
Keywords: Penyempitan jalan;Greenshields;Greenberg
Issue Date: 25-Oct-2022
Abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara arus, kecepatan dan kerapatan lalulintas akibat terjadinya penyempitan jalan, mengetahui nilai arus dan kerapatan maksimum pada ruas jalan normal dan ruas jalan yang mengalami penyempitan jalan dan mengetahui pengaruh penyempitan badan jalan yang berkaitan dengan arus, kecepatan dan kerapatan lalulintas. Untuk mengetahui nilai-nilai tersebut digunakan 2 metode pendekatan yaitu metode Greenshields dan metode Greenberg. Pada kondisi jalan normal kepadatan lalu lintas lebih kecil dibandingkan pada saat kondisi jalan menyempit, dan sebaliknya kecepatan pada kondisi jalan normal lebih besar dari pada kondisi jalan menyempit, hal ini disebabkan karena perbedaan dari kondisi geometrik jalan yang mengalami pengurangan lebar badan jalan. Dari hasil perhitungan analisa data yang dilakukan pada kedua metode, diperoleh nilai regresi untuk koefisien determinasi (periode III) pada segmen jalan menyempit untuk metode Greenshields r 2 = 0,98 dan metode Greenberg r 2 = 0,44 sedangkan untuk segmen jalan normal diperoleh nilai r 2 =0,40 (untuk metode Greenshield) dan r2 = 0,29 (untuk metode Greenberg). Pada periode III segmen jalan normal metode Greenshield diperoleh nilai q maks sebesar 116012,67 skr/jam dan kj=367,12 skr/km sedangkan pada segmen jalan penyempitan diperoleh nilai q maks=60574,51 skr/jam dan kj=128,20 skr/km. Adapun pada metode Greenberg segmen jalan normal diperoleh q maks=57774011,33 skr/jam dan kj=1710824,35 skr/km, sedangkan untuk segmen jalan penyempitan nilai q maks=1918324,61 skr/km dan kj=19267,45 skr/km. Penyempitan badan jalan terhadap arus , kecepatan dan kerapatan lalu lintas yaitu pada saat volume/arus lalu lintas besar akibat dari penyempitan badan jalan menyebabkan kecepatan lalu lintas rendah dan nilai kerapatan tinggi.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18948
Appears in Collections:Civil Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TUGAS AKHIR KHAIRUL AFANDI_1807210007_PRODI TEKNIK SIPIL.pdfFull Text2.32 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.