Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18880
Title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WRITE AROUND TERHADAP KEMAMPUAN KOLABORASI MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS V SD N 054914 KOTA LAMA TAHUN AJARAN 2022/2023
Authors: AULIA, SINDI
Keywords: Model Pembelajaran Write Around;Kemampuan Kolaborasi
Issue Date: 24-Oct-2022
Abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan kolaborasi siswa di kelas V SD N 054914 Kota Lama tahun ajaran 2022/2023. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berkolaborasi siswa kelas V SD Negeri 054914 Kota Lama sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran write around. Serta untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran write around terhadap kemampuan kolaborasi siswa kelas V SD Negeri 054914 Kota Lama. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian One grup pretest-posttest design, yaitu design yang tidak menggunakan kelompok kontrol pada saat penelitian. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan kolaborasi siswa sebelum menggunakan model pembelajaran write around terlihat dari aktifitas siswa dalam proses belajar mengajar selama proses pembelajaran sangat rendah dimana 15 orang siswa telah memenuhi nilai KKM dan 20 siswa belum memenuhi nilai KKM. dengan nilai rata-rata 72,3. Kemampuan berkolaborasi siswa setelah menggunakan Model Pembelajaran writa around terlihat dari aktifitas siswa dalam proses belajar mengajar sesudah menggunakan model pembelajaran write around selama proses pembelajaran sudah meningkat dimana semua siswa telah memenuhi nilai KKM dengan nilai rata-rata 88,5. Terdapat pengaruh Model Pebelajaran write around terhadap kemampuan Berkolaborasi Siswa.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18880
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI Sindi Aulia fixx kali 1-3(2).pdfFull Text5.03 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.