Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18878
Title: PENGARUH PENDEKATAN VISUAL THINKING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 13 SIMPANG GAMBUS
Authors: SYAHFITRI, CHAIRINA
Keywords: pendekatan pembelajaran;visual thinking;kemampuan koneksi matematika
Issue Date: 24-Oct-2022
Abstract: Skripsi ini membahas tentang pengaruh pendekatan visual thinking pada pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematika kelas V SD Negeri 13 Simpang Gambus. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh pendekatan visual thinking pada pembelajaran matematika terhadap kemampuan koneksi matematika siswa kelas V SD Negeri 13 Simpang gambus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan visual thinking pada pembelajaran matematika terhadap kemampuan koneksi matematika kelas V SD negeri 13 Simpang Gambus. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini menggunakan 2 kelas yaitu siswa kelas VA yang berjumlah 30 siswa, dan siswa kelas VB yang berjumlah 30 siswa, jadi populasi dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa. Teknik sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling purposive. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa.Variabel bebas (X) dalam penelitian ini adalah pendekatan visual thinking dan variabel terikat (Y) adalah kemampuan koneksi matematika pada siswa. Teknik dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan tes berupa tes kemampuan pemahaman terkait dengan kemampuan koneksi matematika siswa. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan rumus uji-t test yang didahului dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa hasil analisis diperoleh pendekatan visual thinking mempunyai nilai signifikan sebesar 0,000. Maka dapat disimpulkan bahwa apabila nilai signifikansi < 0,05 maka hasilnya Ha diterima atau terdapat adanya pengaruh pendekatan visual thingking terhadap kemampuan koneksi matematika siswa. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan diperoleh rata-rata berfikir kreatif siswa eksperimen (pendekatan visual thinking) adalah sebesar 95. Sedangkan nilai rata-rata kemampuan koneksi matematika kelas kontrol (konvensional) sebesar 72.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18878
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI CHAIRINA SYAHFITRI.pdfFull Text6.81 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.