Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18782
Title: PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN SCIENTIFIC TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 LAWE SIGALA-GALA KABUPATEN ACEH TENGGARA TAHUN AJARAN 2022/2023
Authors: ROSALINA
Keywords: Pendekatan Pembelajaran Scientific;Hasil Belajar Ekonomi
Issue Date: 22-Sep-2022
Abstract: Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Seberapa besar Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Scientific Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Lawe Sigala-gala Kabupaten Aceh Tenggara Tahun Ajaran 2022/2023, (2) Apakah ada pengaruh yang signifikan antara Pendekatan Pembelajaran Scientific dengan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Lawe Sigala-gala Kabupaten Aceh Tenggara Tahun Ajaran 2022/2023. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Scientific Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Lawe Sigala-gala Kabupaten Aceh Tenggara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan menggunakan jenis penelitian regresi linear sederhana. Teknik dan alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan angket. Tes yang digunakan sesuai dengan tujuan kurikulum yang dicapai. Jenis penelitian ini menggunakan Untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan tes esai yang berjumlah 10 transaksi, serta angket yang berjumlah 15 item pernyataan. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 2 Lawe Sigala-gala Kabupaten Aceh Tenggara Tahun Ajaran 2022/2023 yang berjumlah 30 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, terdapat pengaruh yang signifikan antara pendekatan pembelajaran scientific terhadap hasil belajar siswa pada indikator pencatatan transaksi ke dalam jurnal umum pada perusahaan jasa. Untuk hasil perhitungan Uji-t hal ini dibuktikan dari nilai t hitung lebih besar dari t tabel (3,606 > 1,697) dan nilai signifikansi sebesar 0,001, yang berarti kurang dari 0,05 (0,001 < 0,05). Pengaruh Variabel X terhadap variabel Y masuk kategori Cukup. Hal ini ditunjukkan dengan di peroleh angka Coefisien Determinasi sebesar 31,7% dan sisanya 68,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang dapat diteliti lebih lanjut. Maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18782
Appears in Collections:Accounting Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi_Rosalina_1802070031.pdfFull Text4.61 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.