Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18178
Title: Analisis Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA AL-Hidayah MedanAnalisis Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA AL-Hidayah MedanAnalisis Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA AL-Hidayah Medan
Authors: HARAHAP, MUHAMMAD IRVAN ALWI
Keywords: Pendidikan Agama Islam;Strategi pembelajaran
Issue Date: 3-Jun-2022
Abstract: Pokok masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini, yaitu: pertama, apa saja strategi yang digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Kedua, bagaimana penerapan strategi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Ketiga bagaimana evaluasi yang dilaksanakan dalam strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru pendidikan agama islam, serta siswa siswi SMA AL-Hidayah Medan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan metode non statistik yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun validasi data menggunakan teknik kredibilitas dengan strategi perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam : (a) perencanaan strategi: guru membuat RPP menyesuaikan dengan silabus dalam pembelajaran. Penggunaan metode pembelajaran berpusat melalui materi yang diajarkan oleh guru (b) Pelaksanaan strategi: kegiatan pra-pembelajaran dilakukan dalam bentuk interaksi tanya jawab. Interaksi selama pembelajaran, berbentuk pertukaran informasi atau hubungan timbal balik antara guru kepada peserta didik.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18178
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
finaly skripsi m.pdfFull Teks2.44 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.