Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1817
Title: Upaya Meningkatkan Pengenalan Bentuk Benda Melalui Kegiatan Bermain Balok Pada Anak Kelompok B Di Ra Babul Khairot Tanjung Morawa
Authors: Nasution, Hariani
Keywords: Pengenalan;Bermain;Balok;Bentuk Benda
Issue Date: 20-Feb-2018
Abstract: Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan anak dalam mengenal bentuk benda pada kelompok B di RA Babul Khairot Tanjung Morawa, untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran melalui kegiatan bermain balok pada anak kelompok B di RA Babul Khairot Tanjung Morawa, dan untuk mengetahui peningkatan pengenalan bentuk-bentuk benda melalui kegiatan bermain balok pada anak kelompok B di RA Babul Khairot Tanjung Morawa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam tiga siklus dengan tahapan-tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Alat pengumpulan data penelitian berupa observasi, dokumentasi dan tanya jawab. Subjek penelitian adalah anak kelompok B di RA Babul Khairot Tanjung Morawa yang berjumlah 15 orang anak. Dari hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa kemampuan anak dalam mengenal bentuk benda pada kelompok B di RA Babul Khairot Tanjung Morawa dapat meningkat dengan melakukan kegiatan bermain balok secara terbimbing dimana anak tidak sekedar asyik bermain tetapi memahami konsep bentuk yang ada pada balok. Pelaksanaan pembelajaran melalui kegiatan bermain balok pada anak kelompok B di RA Babul Khairot Tanjung Morawa dilakukan melalui mekanisme siklus, dimana dilakukan dengan 3 siklus. Pada tiap siklusnya, anak dikenalkan dengan berbagai konsep bentuk benda sehingga dengan semakin seringnya dikenalkan dengan konsep bentuk maka anak mengerti nama bentuk, ukuran bentuk, dan lain sebagainya. Peningkatan pengenalan bentuk-bentuk benda melalui kegiatan bermain balok pada anak kelompok B di RA Babul Khairot Tanjung Morawa terjadi secara signifikan dimana pada kondisi sebelum tindakan hanya 31,67 %. Setelah dilakukan kegiatan pada siklus I meningkat menjadi 58,33 % dan kembali meningkat pada siklus II menjadi 75,83 % dan pada siklus III meningkat sangat baik menjadi 96,67 % dengan kriteria Baik Sekali.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1817
Appears in Collections:Early Childhood Islamic Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.