Abstract:
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan anak
dalam mengenal bentuk benda pada kelompok B di RA Babul Khairot Tanjung Morawa,
untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran melalui kegiatan bermain balok pada anak
kelompok B di RA Babul Khairot Tanjung Morawa, dan untuk mengetahui peningkatan
pengenalan bentuk-bentuk benda melalui kegiatan bermain balok pada anak kelompok B
di RA Babul Khairot Tanjung Morawa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif
dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam tiga siklus dengan
tahapan-tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Alat
pengumpulan data penelitian berupa observasi, dokumentasi dan tanya jawab. Subjek
penelitian adalah anak kelompok B di RA Babul Khairot Tanjung Morawa yang
berjumlah 15 orang anak. Dari hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa
kemampuan anak dalam mengenal bentuk benda pada kelompok B di RA Babul Khairot
Tanjung Morawa dapat meningkat dengan melakukan kegiatan bermain balok secara
terbimbing dimana anak tidak sekedar asyik bermain tetapi memahami konsep bentuk
yang ada pada balok. Pelaksanaan pembelajaran melalui kegiatan bermain balok pada
anak kelompok B di RA Babul Khairot Tanjung Morawa dilakukan melalui mekanisme
siklus, dimana dilakukan dengan 3 siklus. Pada tiap siklusnya, anak dikenalkan dengan
berbagai konsep bentuk benda sehingga dengan semakin seringnya dikenalkan dengan
konsep bentuk maka anak mengerti nama bentuk, ukuran bentuk, dan lain sebagainya.
Peningkatan pengenalan bentuk-bentuk benda melalui kegiatan bermain balok pada anak
kelompok B di RA Babul Khairot Tanjung Morawa terjadi secara signifikan dimana pada
kondisi sebelum tindakan hanya 31,67 %. Setelah dilakukan kegiatan pada siklus I
meningkat menjadi 58,33 % dan kembali meningkat pada siklus II menjadi 75,83 % dan
pada siklus III meningkat sangat baik menjadi 96,67 % dengan kriteria Baik Sekali.