Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18164
Title: Pengaruh Model TGT (Teams Games Tournament) Berbasis ICT Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Swasta Fitria Rahmah
Authors: SIREGAR, SOFIYAN
Keywords: Model TGT (Teams Games Tournament) Berbasis ICT
Issue Date: 3-Jun-2022
Abstract: Penelitian ini dilakukan atas adanya permasalahan hasil belajar siswa dalam proses belajar mengajar dan juga kurangnya penggunaan model dan media pembelajaran oleh guru sehingga dapat berakibat pada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pembelajaran dengan menggunakan model TGT dan media ICT terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Swasta Fitria Rahmah. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 28 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental design yaitu dalam bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Instrument yang digunakan adalah berbentuk test yang menyangkut pre-test dan post-test. Dari hasil penelitian ini dapat dilihat peningkatan nilai belajar peserta didik dengan menggunakan Subtema 1 (Komponen Ekosistem), maka disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model TGT berbasis ICT berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Dari hasil perhitungan hipotesis diperoleh thitung = 3,641 dengan taraf signifikan 0,05 dan dk n-2 = 28-2 = 26, maka diperoleh nilai ttabel = 2,048, sehingga thitung = 3,641 > ttabel =2,048, ini menunjukan bahwa Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh signifikan model TGT berbasis ICT terhadap hasil belajar siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model TGT berbasis ICT terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Swasta Fitria Rahmah
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18164
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
sofiyan skripsi (2).pdfFull Teks5.24 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.