Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18124
Title: Internalisasi Nilai Moderasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SMK Negeri 1 Panai Hilir Kabupaten Labuhanbatu Sumatera Utara
Authors: KHUDRI, ARROHMANUL
Keywords: Nilai Moderasi;Agama Islam
Issue Date: 2-Jun-2022
Abstract: Penelitian ini dibuat sebagai bentuk analisis peran guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai moderasi beragama sebagai bentuk pencegahan sikap intoleran, radikalisme beragama kepada para siswa SMK Negeri 1 Panai Hilir, yang metupakan generasi penerus bangsa agar memiliki pemahaman pemahaman yang moderat dalam beragama,serta tidak mudah terpropokasi dalam isu yang mengatasnamakan agama. Sehingga pendidikan formal menjadi tempat yang strategis untuk memberikan pemahaman yang baik tentang agama rahmatanlil'alamin sehingga terciptanya sikap toleran dan seimbang oleh karena itu tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui internalisasi moderasi beragama di sekolah SMK Negeri 1 Panai Hilir, mendeskirpsikan strategi guru dalam menginternalisasikan nilai moderasi Islam serta mengetahui hambatan yang dialami guru dalam menanamkan nilai-nilai moderasi Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif deskriftif. Hasil dari penelitian ini Peneliti analisis guru guru yang mengutamakan musyawarah dan tidak membeda bedakan siswa berdasarkan latarbelakangnya, adanya toleransi keberagamaan yang tinggi dan saling menghargai serta adil dalam memberi hak-hak yang sama dalam peribadatan dan memperingati hari-hari keagamaan kepada masing-masing agama antara agama Islam dan agama nonmuslim dan memberikan tempat kerohanian bagi yang beragama Islam maupun yang Kristen masing-masing agam diberi ruang dalam memeluk agamanya masing-masing
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18124
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI ROMEN INSYAALLAH.pdfFull Teks3.45 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.