Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1812
Title: Upaya Meningkatkan Kemampuan Sains Melalui Pengamatan Objek Langsung Pada Anak Kelompok B Di RA Surayya Medan
Authors: Yunilda
Keywords: Kemampuan;Pengamatan;Objek;Sains
Issue Date: 20-Feb-2018
Abstract: ujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan sains melalui pengamatan objek langsung pada anak kelompok B di RA Surayya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sumber data utama penelitian adalah lembar observasi kemampuan anak dan kemampuan guru. Subjek penelitian adalah 15 anak kelompok B di RA Surayya Tahun Ajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa melalui pengamatan objek langsung dapat meningkatkan kemampuan sains pada anak kelompok B di RA Surayya. Adanya peningkatan tersebut diketahui dari tingkat keberhasilan tindakan dimana pada kondisi sebelum dilakukan tindakan atau prasiklus kemampuan sains anak hanya mencapai angka 16,67 % dengan kriteria sangat kurang. Kondisi tersebut berubah setelah dilakukan kegiatan pengamatan objek langsung dimana tingkat keberhasilan secara klasikal pada kemampuan sains anak mencapai angka 54,99 % dengan kriteria cukup, dan meningkat kembali pada tindakan siklus II dengan angka 86,66 % dengan kriteria baik sekali.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1812
Appears in Collections:Early Childhood Islamic Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.