Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18103
Title: Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa Selama Masa Pandemi Covid – 19
Authors: AULIA, SHELLY
Keywords: Lingkungan Keluarga;Motivasi Belajar
Issue Date: 31-May-2022
Abstract: Pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa sangat berpengaruh kepada siswa. Kurangnya minat belajar dan rasa bosan siswa saat proses pembelajaran berlangsung maupun daring pada masa pandemi mengakibatkan siswa sulit untuk menerima pembelajaran dengan baik. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa selama masa Pandemi Covid 19 di SD Muhammadiyah 13 Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitaif. Penelitian dilakukan di SD Muhammdiyah 13 Medan, menggunakan teknik Simple Random Sampling , dengan populasi seluruh siswa kelas IV sebanyak 48 siswa, dan sampel sebanyak 26 siswa. Teknik penelitian menggunakan angket atau kuesioner, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan analisis statistik deskriptif, uji prasyarat analisis serta analisis akhir atau pengujian hipotesis. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh dan signifikan antara lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar di SD Muhammadiyah 13 Medan. Artinya hipotesis yang di dalam penelitian yaitu Ha (lingkungan keluarga berpengaruh terhadap motivasi belajar murid SD Muhammadiyah 13 Medan) di terima sedangkan Ho (lingkungan keluarga tidak berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa di SD Muhammadiyah 13 Medan) ditolak. Penelitian ini diharapkan mampu menciptakan kondisi keluarga yang kondusif bagi siswa serta memberikan kesempatan kepada siswa untuk menciptakan interaksi yang baik anatara orang tua dan siswa. Orang tua dapat menciptakan lingkungan belajar yang baik bagi siswa agar siswa semakin termotivasi untuk belajar sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18103
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SHELLY AULIA NPM 1702090044.pdfFull Teks2.24 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.