Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18097
Title: Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Secara New Normal Pada Sekolah Madarsah Ibtidaiyah Ali Imron Medan T.A 2021-2022
Authors: NST, MAY DIYA SARI
Keywords: Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash;Hasil Belajar Siswa
Issue Date: 31-May-2022
Abstract: Media pembelajaran merupakan alat bantu yang digunakan untuk menyampaikan pesan dalam proses belajar mengajar atau pembelajaran agar intraksi, komunikasi, edukasi antara pendidik dan peserta didik dapat berlangsung secara tepat sehingga dapat memudahkan peserta didik dalam proses pembelajaran dalam kelas. Pembelajaran tematik merupakan salah satu model pembelajaran terpadu atau terintegrasi yang melibatkan beberapa mata pelajaran yang di ikat dalam tema-tema tertentu. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Adobe Flash pada buku pembelajaran tematik di kelas IV Sekolah Madrasah Ibtidaiyyah Ali Imron Medan. Untuk mengetahui besar kontribusi media pembelajaran berbasis Adobe Flash dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada buku pembelajaran tematik kelas IV Sekolah Madrasah Ibtidaiyyah Ali Imron Medan, serta untuk mengetahui perubahan perilaku peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash. Pengembangan media berbasis Adobe Flash dikembangkan dengan 6 tahapan, yaitu (1) Potensi dan masalah; (2) Pengumpulan data; (3) Desain produk; (4) Validasi desain; (5) Revisi desain; (6) Ujicoba produk. Media pembelajaran berbasis Adobe Flash yang telah dirangkai selanjutnya di ukur kepraktisannya. Berdasarkan hasil tes penggunaan media pembelajaran berbasis Adobe Flash. Dari pre test dihasilkan dengan nilai rata-rata 62,85 dan hasil dari post test diperoleh dengan nilai rata-rata 79,04. Nilai tersebut membuktikan bahwa terdapat peningkatan nilai rata-rata. Serta penggunaan media pembelajaran berbasis Adobe Flash peserta didik lebih aktif pada proses pembelajaran dan lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18097
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
skripsi ku.pdfFull Teks2.72 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.