Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18095
Title: Saluran Pemasaran Dan Efisiensi Pgr Gibgro 10sp Di Pt. Nufarm (Studi Kasus : Pt. Nufarm Indonesia Kabupaten Langkat, Sumatera Utara)
Authors: LUBIS, HAMZAH YUSNI
Issue Date: 31-May-2022
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui saluran distribusi dalam kegiatan pemasaran produk PGR Gibgro 10SP PT. Nufarm dan untuk mengetahui tingkat efisiensi saluran distribusi pemasaran produk PGR Gibgro 10SP PT. Nufarm . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah margin pemasaran dan efisiensi digunakan perhitungan dengan rumus Mpi=Hji-Hbi, biaya pemasaran,keuntungan dan efisiensi pemasaran dengan kaidah keputusan 0 – 33% = efisien, 34 – 67% = kurang efisien dan 68 – 100%= tidak efisien. Hasil penelitian menunjukkan saluran pemasaran PGR Gibgro 10SP terdapat tiga pola saluran pemasaran, yaitu saluran I Produsen – Konsumen, saluran II Produsen – Distributor- Konsumen, saluran III Produsen- Distributor-Pedagang- Pengecer Konsumen. Pada saluran pemasaran I dengan efisiensi pemasarannya sebesar 2%. Saluran pemasaran II efisiensi pemasaran sebesar 4% dan pada saluran pemasaran III efisiensi pemasaran sebesar 6%. Ketiga saluran pemasaran menjual PGR Gibgro 10SP ke konsumen akhir sebesar Rp 5.000 dengan marjin pemasaran sebesar Rp 2.562.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18095
Appears in Collections:Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
sudah diperbaiki skripsi Hamzah.pdfFull Teks1.21 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.