Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18057
Title: POLA KOMUNIKASI PEDAGANG LEMANG DENGAN KONSUMEN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK KHAS TEBING TINGGI
Authors: FARADITA, DIYANA
Keywords: Pola Komunikasi;Pedagang lemang
Issue Date: 30-May-2022
Abstract: Dalam penelitian yang berjudul Pola Komunikasi Pedagang Lemang dengan Konsumen dalam Meningkatkan Penjualan Produk khas Tebing Tinggi bertujuan untuk mengetahui Pola Komunikasi Pedagang Lemang antara Pembeli untuk meningkatkan Penjualan. Adapun penelitian ini menggunakan Teori Komunikasi interpersonal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Deskriptif Kualitatif. Informan atau Narasumber dalam penelitian ini adalah pedagang lemang yang berjumlah 3 orang pedagang lemang yang berada di jalan Tjong A Fie Tebing Tinggi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penarikan kesimpulan yang merupakan hasil penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pertukaran sosial dan teori kesopanan oleh Devito, 2013. Adapaun hasil dari penelitian ini dalam berkomunikasi, pedaganglemang menggunakan dua pola komunikasi ketika berkomunikasi kepada pembeli . Pola komunikasi pertama yaitu pola komunikasi satu arah dimana pedagang lemang menggunakan pola tersebut untuk menarik pembeli. Kedua, pola komunikasi dua arah dimana pola ini digunakan untuk saling bertukar pesan antara pedagang dengan pembeli. Komunikasi antara pedagang dan pembeli terjadi dalam bentuk komunikasi interpersonal, disertai dengan pendekatan komunikasi persuasif serta terjadi dalam situasi dialog interaktif berjalan secara tatap muka. Media sosial juga digunakan oleh beberapa pedagang lemang dalam meningkatkan penjualan dengan berusaha untuk mempromosikan jualannya melalui media sosial, seperti facebook, whatsapp, dan instagram, Selain media sosial, media massa seperti radio dan tv juga dimanfaatkan para pedagang lemang untuk mempromosikan produk penjualan guna meningkatkan hasil penjualan para pedagang lemang.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18057
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
DIYANA FARADITA.pdfFull Teks2.62 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.