Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18040
Title: PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP IKLAN PENGGUNAAN TV DIGITAL
Authors: ZAEIN, HELVIZA
Keywords: Persepsi Masyarakat;Iklan & TV Digital
Issue Date: 30-May-2022
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat Kota Medan terhadap iklan penggunaan TV digital yang ada di Trans TV dan untuk mengetahui reaksi masyarakat Kota Medan terkait dengan keputusan Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk menghentikan siaran TV analog dan berpindah ke siaran TV digital di tahun 2022. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif. Informan penelitian yang dipilih menggunakan sebanyak 4 orang dengan menggunakan metode purposif, kemudian data dianalisis menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menemukan bahwa persepsi masyarakat Kota Medan terhadap iklan penggunaan TV Digital di Trans TV merupakan sebuah iklan layanan masyarakat yang sifatnya menghimbau dan menginformasikan masyarakat untuk beralih menggunakan TV analog ke TV digital ditahun 2022 ini, Reaksi masyarakat Kota Medan terkait dengan keputusan Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk menghentikan siaran TV analog dan berpindah ke siaran TV digital di tahun 2022 negatif. Artinya adalah masyarakat belum merespon himbauan penggunaan iklan TV digital dengan baik. Ada beberapa faktor yang menyebabkan reaksi masyarakat negatif terhadap iklan TV digital, antara lain iklan TV digital mempunyai unsur promosi dan penjualan yakni membeli set top box, TV digital bukan menjadi kebutuhan primer masyarakat, keadaan ekonomi dan finansial masyarakat yang membuat masyarakat enggan untuk membeli set top box, dan sampai saat ini TV analog masih dapat ditonton dengan baik.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18040
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Helviza Zaein.pdfFull Teks1.59 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.