Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/17897
Title: ANALISIS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI MADRASAH ALIYAH TAHFIZHIL QURAN MEDAN
Authors: IZZAH, NURUL
Keywords: Penggunaan Metode;Pembelajaran Kitab Kuning
Issue Date: 25-May-2022
Abstract: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran kitab kuning di Madrasah Aliyah tahfidzul Quran Medan dan pada penelitian ini teknik analisis yang dilakukan yaitu dengan pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi. Ternyata di Madrasah Aliyah tahfidzul Qur'an berdasarkan data yang diperoleh oleh peneliti sekolah tersebut menerapkan beberapa metode dalam mengajarkan pembelajaran kitab kuning yakni berpedoman dengan buku pedoman praktis dan sistematis mengenal dasar-dasar ilmu Nahwu pola 36 di mana Buku ini langsung ditulis oleh Tuan Guru Besar Nahwu dan Shorof dan diajarkan langsung oleh Beliau yang berdomisili dalam komplek Madrasah Aliyah tahfidzul Quran Medan itu sendiri, metode pembelajaran konvensional atau pada metode ini setiap pendidik dalam membuka pembelajaran menyampaikan ilmu pembelajaran secara lisan kepada siswa dengan harapan adanya dorongan siswa untuk menjadi lebih fokus dan guru dapat mengendalikan kelas secara penuh. metode tanya jawab dilakukan sebab dilaksanakannya metode ceramah tadi karena terjadinya komunikasi langsunng, Dalam metode ini siswa bertanya dengan guru atau sebaliknya. Metode Serangan yang dilakukan oleh tim pendidik dimana seluruh peserta didik langsung berhadapan dengan guru atau Ustadz secara bergilir atau estafet seperti Simaan hafalan Alquran titik metode amtsilati diterapkan agar peserta didik bisa dengan cepat memahami dan membaca kitab kuning dengan memberi pola fikir untuk mengerti bahasa Arab dengan rumusan yang sistematis
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/17897
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
FINISH SKRIPSI IZZAH YUK DAFTAR WISUDA.pdfFull Teks3.15 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.