Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/17768
Title: IMPLEMENTASI METODE TALAQQI DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN SANTRI DI RUMAH QUR’AN CAHAYA HIDAYAH 2 MEDAN JOHOR
Authors: BERAMPU, NOVIANA
Keywords: Rumah Qur’an Cahaya Hidayah;Implementasi
Issue Date: 20-May-2022
Abstract: Al-Qur’an sebagai pedoman hidup manusia yang diturunkan oleh Allah SWT dengan gaya bahasa yang istimewa, mudah, tidak sukar bagi siapapun untuk membaca, menghafal, dan memahami serta mudah pula untuk diamalkannya. Santri Rumah Qur’an Cahaya Hidayah 2 terkait dalam hal membaca Al-Qur’an masih belum baik sesuai dengan kaidah-kaidah membaca Al-Qur’an dikarenakan banyak sebagian dari para guru tidak efektif dalam mengajari, hal di sebabkan tidak adanya penerapan metode di dalam pembelajaran. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitian lapangan (fieldresearch). Menurut Wiratna Sujarweni mendefinisikan bahwa penelitian kualitatif adalah salah satu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa ucapan atau tulisan dan perilaku orang-orang yang diamati. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang menekankan pada quality atau hal terpenting suatu barang atau jasa seperti halnya yang peneliti lakukan di Rumah Qur’an Cahaya Hidayah Medan Johor dengan mengikut serta dan memberi pelayanan terhadap santri untuk meninjau secara langsung apa yang diteliti. Hasil penelitian adalah bahwa efek implementasi metode Tallaqi sangat baik bagi hafalan santri namun juga bacaan Al-Qur’annya, namun demikian masih ditemukan kekurangan dalam hal pengajaran dan ini bukan hanya pada santri namun juga pada pendidik yang kurang maksimal dalam menerapkan metode dan pendekatan pada pembelajaran Al-Qur’an
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/17768
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Fix Noviana (1).pdfFull Teks2.3 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.