Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/17715
Title: PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING DAN METODE CERAMAH PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP MUHAMMADIYAH 47 SUNGGAL
Authors: MULIANA, CUT
Keywords: Hasil Belajar;Metoe Mind Mapping
Issue Date: 17-May-2022
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam dengan menggunakan metode mind mapping dan metode ceramah di SMP Muhammadiyah 47 Sunggal. Bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam dengan metode ceramah, dan apa perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode mind mapping dan menggunakan metode ceramah di SMP Muhammadiyah 47 Sunggal. Jenis Penelitian ini adalah kuantitatif Eksperimen dengan metode Quasi Eksperimen. Sampel penelitian berjumlah 35siswa kelas VII A untuk kelas eksperimen, Dan untuk kelas VII B berjumlah 36siswa kelas control. Teknik pengambilan sampel yaitu sampel Acak Sistematis, Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes berbentuk essay yang telah diuji validitas, realibilitas dan hipotesis. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Perbedaan hasil belajar siswa menggunakan metode mind mapping dan metode ceramah pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam di kelas eksperimen dapat mempengaruhi hasil belajar siswa secara signifikan pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam pada kelas eksperimen dan kelas control mendapatkan reabilitas X1, X2 dan Y = 0,194 Sedangkan hasil analisis data dengan uji t di peroleh nilai t hitung = 1,51 Sehingga hasil perhitungan menunjukkan bahwa t hitung lebih besar dari t table= 0,138(t hitung3,89 t tabel 1,28).
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/17715
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Revisi Sidang Cut muliana.pdfFull Text4.05 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.