Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/17642
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorRIFA’I, MUHAMMAD-
dc.date.accessioned2022-05-14T06:08:13Z-
dc.date.available2022-05-14T06:08:13Z-
dc.date.issued2022-05-14-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/17642-
dc.description.abstractPanel surya adalah suatu alat yang terdiri dari sel surya untuk mengubah cahaya matahari menjadi listrik. Panel Surya ini dapat dimanfaatkan menjadi sumber cadangan energi salah satunya untuk Transportasi yaitu pada jalan tanjakan dan turunan yang bertikungan yang nantinya akan membantu para pengendara lalu lintas. Maka dari itu tujuan penelitian ini adalah membuat prototype dengan bantuan panel surya sebagai sumber energi pengaman lalu lintas pada jalan tanjakan dan turunan yang bertikungan sehingga hasil akhir dapat mampu mengurangi kecelakaan pada pengendara lalu lintas. Metode yang digunakan adalah panel surya mengubah cahaya menjadi listrik kemudian disimpan pada baterai oleh sebuah solar charger controler. Dari baterai tersebut kemudian dihubungkan pada beban. Baterai akai mampu menghasilkan tegangan tertingi yaitu 13,7 V selama 240 Menit.Penelitian ini terdiri dari perangkat utama yaitu panel surya sebesar 50WP, Baterai 12V 5AH , Solar Charger Controller arduino omega 2560 ,relay 12,7v, Hasil penelitian pada Pembangkit Listrik Tenaga Surya adalah daya sebesar 39,305Watt, Arus 3,50 A, dan Tegangan 11,23V, berdasarkan hasil dari pengujian pada PLTS didapati daya cukup untuk bisa mensuplai energi pada beban sistem pengaman jalan tanjakan dan turunan yang bertikungan.en_US
dc.subjectEnergi terbarukanen_US
dc.subjectPLTSen_US
dc.titlePERANCANGAN PROTOTYPE PEMANFAATAN PANEL SURYA PADA SISTEM PENGAMANAN PADA JALAN TANJAKAN DAN TURUNAN YANG BERTIKUNGANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Electrical Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
rifai_sidang.pdf1.52 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.