Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/17431
Title: ANALISIS PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA DINAS PENDIDIKAN KOTA BINJAI (IMPLEMENTASI DI SEKOLAH DASAR NEGERI RINTISAN PENDIDIKAN KARAKTER)
Authors: OCTOVIYANTI SIREGAR, EVI
Keywords: Penguatan Pendidikan Karakter
Issue Date: 28-Sep-2021
Abstract: Pendidikan KaPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penguatan pendidikan karakter yang dilakukan Dinas Pendidikan Kota Binjai pada Sekolah Dasar Negeri rintisan pendidikan karakter, dan untuk mengetahui apakah implementasi penguatan pendidikan karakter di Sekolah Dasar Negeri Rintisan Efektif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan kuantitatif bersifat campuran dengan metode embedded. Penelitian ini dilakukan di Dinas Pendidikan Binjai Jl. Gunung Merapi No.1, Binjai Estate, Binjai Selatan, Kota Binjai, Sumatera Utara. Sumber data penelitian ini adalah 2 (dua) orang UPTD, 1 (satu) orang pengawas sekolah, 3 (tiga) orang kepala sekolah, dan 30 (tiga puluh) guru. Wawancara, angket, observasi, dan dokumentsi digunakan sebagai instrument pengumpulan data. Temuan penelitian ini adalah implementasi program pendidikan karakter di tingkat satuan pendidikan dasar di kota Binjai telah dilaksanakan kordinasi, kordinasi yang dilakukan melalui (1) pertemuan dan (2) rapat-rapat. Dukungan Dinas Pendidikan dalam pelaksanaan implementasi pendidikan karakter meliputi; (1) membuat edaran tertulis kepada UPTD mengenai kebijakan pendidikan karakter; (2) memberikan sosialisasi pada sekolah-sekolah, baik dengan anggaran pemerintah kota Binjai sendiri maupun sebagai pelaksana program pemerintah pusat; (3) hadir dalam uji publik kurikulum sekolah untuk melihat sampai sejauh mana itu pendidikan karakter sudah termuat dalam kurikulum sekolah; dan (4) pendampingan ke sekolah, meskipun tidak secara khusus untuk pendidikan karakter tetapi peningkatan mutu sekolah secara umum, (5) memberikan pelatihan meskipun masih dinilai belum maksimal. Dukungan sarana dan prasarana yang diberikan Dinas Pendidikan bagi pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah antara lain yakni memberikan dukungan sarana belajar dan pedoman kurikulum. Sedangkan dukungan sarana dan prasarana yang tersedia disekolah seperti fasilitas ibadah, tempat temuan barang hilang, kantin kejujuran, tata tertib sekolah, catatan kehadiran, pajangan kata mutiara, media komunikasi dan informasi, perpustakaan, dan sarana kebersihan. Dinas Pendidikan telah memberikan pendampingan terhadap penyelenggaraan program pendidikan karakter, seperti pendampingan teknis pelaksanaan dan implementasi kurikulum yang terintegrasi pendidikan karakter. Pelaksanaan evaluasi dan penilaian terhadap implementasi pendidikan karakter dilakukan secara terpadu, yakni dinas pendidikan melalui pengawas sekolah, Kepala sekolah, guru dan orang tua siswa. Hasil pelaksanaan evaluasi kinerja kebijakan dilaporan baik kepada dinas pendidikan melalui pengawas sekolah maupun para orang tua siswa. Pelaksanaakn program penguatan pendidikan karakter telah efektif. Temuan penelitian menunjukkan 92,5% responden menyatakan sangat setuju. Ini berarti pelaksanaan program penguatan pendidikan karakter oleh Dinas Pendidikan di nilai sudah efektif, 5,5% responden menyatakan efektif, sedangkan sebanyak 1% responden menyatakan belum efektif.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/17431
Appears in Collections:Masters in Higher Education Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TESIS EVI OCTOVIYANTI SIREGAR 1920060042.pdf2.48 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.