Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1727
Title: ANALISIS KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH YANG EFEKTIF DALAM MANAJEMEN SEKOLAH DI ACEH TAMIANG ( Study Casus SD Negeri 2 Percontohan )
Authors: Surya, Ismail
Keywords: kepemimpinan kepala sekolah;manajemen sekolah
Issue Date: Mar-2019
Abstract: Kepala sekolah sebagai pimpinan/manajer di sekolah selalu berusaha membina dan mengembangkan organisasi sekolah guna tercapainya proses pembelajaran dan menjalankan manajemen yang baik dan tercapainya tujuan pendidikan di SD Negeri 2 Percontohan Aceh Tamiang. Kepala sekolah menyadari bahwa semua yang dilaksanakan harus dikelola dengan perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, dan memimpin sekolah dengan baik. Keadaan sekolah yang tertata dengan rapi baik ruang kelas, perpustakaan, laboratorium, perpustakaan, podok baca, usaha kesehatan sekolah, tanaman herbal, kantin sekolah, taman sekolah yang asri merupakan factor penunjang keberhasilan dalam menjalankan program-program yang telah dibuat dan disepakti untuk dilaksanakan oleh seluruh warga sekolah. Keberhasilan program kepala sekolah yang dilaksananakan oleh semua warga sekolah ini selalu membuahkan hasil dalam bidang lomba yang diikuti, baik lomba kegiatan siswa maupun lomba adiwiyata sekolah sehingga SD Negeri 2 Percontohan selalu mendapatkan apresiasi penghargaan dari dinas pendidikan dan kebudayaan dan pemerintah daerah. Pelaksanaan manajemen yang dilakukan oleh sekolah yang mengacu kepada delapan standar pendidikan nasional dalam mencapai tujuan pendidikan nasional dan tujuan sekolah yang telah ditetapkan berjalan dengan terencana, terprogram, terlaksana, terawasi, dan terevaluasi secara berkala, dilaksanakan dengan penuh tanggungjawab dan berjalan dengan baik oleh warga sekolah. Kepemimpinan kepala sekolah yang selalu menerima masukan dan kritikan dari berbagai elemen baik dari komite sekolah, wali siswa, stekholder, dan warga masyarakat yang berada disekitar sekolah yang sangat termotivasi dalam menjalankan dan mengembangkan sekolah, apa yang diharapkan masyarakat ini dapat dilihat dari peningkatan penerimaan peserta didik baru yang setiap tahun selalu meningkat jumlah siswanya serta lulusan dari sekolah banyak yang diterima di sekolah smp pavorit dan pondok pasanteren di luar daerah setempat.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1727
Appears in Collections:Masters in Higher Education Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ANALISIS KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH YANG.pdf2.83 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.