Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/17108
Title: Analisis Pemasaran Lobster Air Tawar (Cherax quadricarinatus) (Studi Kasus: Wampu Crayfish di Desa Stabat Barat Lama, Kecamatan Wampu, Kabupaten Langkat)
Authors: Hudayah, Alif
Keywords: Lobster Air Tawar;Pemasaran Lobster Air Tawar;Efisiensi
Issue Date: 23-Apr-2021
Abstract: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pola saluran pemasaran, margin pemasaran dan efisiensi pemasaran di lembaga pemasaran daerah penelitian. Pengambilan sampel petani dan pedagang pengecer yang diambil dengan metode sensus dengan jumlah sampel 1 orang yang semua petani lobster air tawar dijadikan sebagai sampel. Untuk analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa saluran atau mata rantai pemasaran lobster air tawar di Daerah Penelitian terdiri dari dua saluran Pemasaran, yang pertama petani ke konsumen akhir, yang kedua petani ke pedagang pengecer. Biaya pemasaran I sebesar Rp 1.000/kg. Untuk biaya pemasaran II yaitu terdiri dari biaya packing Rp. 4.000/kg, biaya tenaga kerja ratarata sebesar Rp. 555/kg dan rata-rata biaya transportasi Rp. 777/kg dengan jumlah biaya sebesar Rp. 5.332/kg dengan Marjin pemasaran yang diperoleh dari saluran pemasaran I yaitu sebesar Rp. 0/kg. Dan pada saluran pemasaran II diperoleh sebesar Rp. 25.000/kg. Efisiensi pemasaran I sebesar 0,74% dan pemasaran II 3,55% dan keduanya dikategorikan efisiensi dimana <33%.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/17108
Appears in Collections:Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI ALIF HUDAYAH SIDANG.pdf999.17 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.